loading...
loading...

Ini Dia : Martabak Manis Sederhana Dan Enak

Martabak (bahasa Arab: مطبق, berarti "terlipat") merupakan sajian yang biasa ditemukan di Arab Saudi (terutama di wilayah Hijaz), Yaman, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei. Bergantung pada lokasinya, nama, dan komposisi martabak dapat bervariasi.

Di Indonesia ada dua jenis martabak, yaitu martabak asin/telur yang terbuat dari campuran telur dan daging serta martabak manis (kue terang bulan) yang biasanya diisi cokelat. Berbeda dengan martabak telur, martabak manis adalah sejenis kue atau roti isi selai yang biasa dimakan di saat santai sebagai makanan ringan. Di Malaysia, martabak manis (yang dikenal dengan nama Apam Balik) sering dijadikan sebagai hidangan sarapan dengan ditemani segelas teh tarik.

MEMBUAT MARTABAK MANIS
SEDERHANA DAN ENAK



Bahan :
250 gram tepung terigu serbaguna
30 gram gula pasir
1 butir telur
400 ml susu cair
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh baking soda
Mentega/ margarin untuk olesan.

Isi Martabak :
Susu kental manis secukupnya
Meses coklat secukupnya
Cream cheese spead/ parutan keju Cheddar secukupnya
Selai kacang, straweberry, sesuai selera Anda

Langkah-langkah Membuat Martabak Manis
Masukkan tepung terigu, gula, telur, susu cair, dan garam ke dalam mangkuk berukuran besar. Kemudian aduk hingga rata menggunakan spatula, boleh disaring sampai adonan tidak bergumpal.

Selanjutnya, diamkan adonan selama 1 jam dalam suhu ruangan.

Siapkan wajan datar anti lengket atau wajan teflon berdiameter terserah anda. Sementara itu, campur baking soda dengan sedikit air, lalu masukkan ke dalam adonan dan aduk hingga rata.

Tuangkan kira-kira 2-3 sendok sayur adonan ke wajan. Kemudian ratakan adonan sambil digoyang-putar.

Taburkan sedikit gula pasir, kemudian tutup wajan dan panggang dengan api kecil sampai adonan martabaknya tampak berpori-pori dan kering. Sebaiknya anda menggunakan tutup wajan yang terbuat dari kaca tembus pandang, sehingga anda bisa tahu kematangan martabak.

Jika martabak sudah matang, angkat martabak dari penggorengan dan letakkan di telenan. Kemudian olesi bagian atas martabak dengan mentega/ margarin.

Lalu tambahkan susu kental manis secukupnya. Kemudian taburi dengan bahan isi yang sudah dipersiapkan, seperti meses coklat, parutan keju atau selai.

Lipat martabak dan.... Delicious! Martabak manis hasil kreasi anda sudah siap dinikmati.


0 komentar:

Post a Comment

Resep Populer

 
  • MaSeDap © 2017 | Designed by Masedap, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes