loading...
loading...

Resep Sop Buah Yoghurt

Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Yoghurt tersedia dalam beraneka macam rasa, rasa alami, rasa buah, rasa vanilla, atau rasa cokelat juga populer.

Teori bahwa yoghurt digunakan oleh orang-orang Turki kuno didasarkan pada buku Diwan Lughat al-Turk oleh Mahmud Kashgari dan Kutadgu Bilig oleh Yusuf Has Hajib yang ditulis pada abad ke-11. Pada kedua buku tersebut, kata yoghurt disebutkan dan digambarkan sebagaimana yang digunakan oleh orang Turki nomadik, dengan kata yoghurt digambarkan dalam berbagai bagian. Juga, pertama kali orang Eropa mengenal yoghurt dapat dilihat pada sejarah klinik Perancis ketika Francis I menderita diare yang mematikan dan tidak ada dokter Perancis yang mampu menyembuhkannya. Namun, sekutunya Suleiman si Hebat mengirim seorang dokter, dan dengan bantuan yoghurt ia dapat disembuhkan dan orang Eropa dipercaya mengenal yoghurt untuk pertama kalinya dengan insiden itu.

Kata yoghurt berasal dari bahasa Turki yoğurt (pengucapan: [jɔˈurt]) diambil dari kata sifat ‘yoğun’, yang berarti “padat” dan “tebal”, atau dari kata kerja yoğurmak, yang berarti “memijat” dan kemungkinan berarti “membuat padat” aslinya – bagaimana yoghurt dibuat.

Yoghurt dibuat dengan memasukkan bakteri spesifik ke dalam susu di bawah temperatur yang dikontrol dan kondisi lingkungan, terutama dalam produksi industri. Bakteri merombak gula susu alami dan melepaskan asam laktat sebagai produk sisa. Keasaman meningkat menyebabkan protein susu untuk membuatnya padat. Keasaman meningkat (pH=4-5) juga menghindari proliferasi bakteri patogen yang potensial. Di Amerika Serikat, untuk dinamai yoghurt, produk harus berisi bakteri Streptococcus salivarius subsp. thermophilus dan Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus.

Yoghurt bisa dikonsumsi orang yang alergi terhadap susu karena struktur laktosa yoghurt telah dirusak oleh bakteri. Yoghurt juga kaya dengan vitamin B.


RESEP SOP BUAH YOGHURT


BAHAN SOP BUAH YOGHURT
Buah naga yang sudah dipotong dan diambil dagingnya secukupnya sesuai selera.
Buah strawbery segar dibelas menajdi 2 atau 3 secukupnya sesuai selera.
Buah kiwi yang sudah diiris secukupnya sesuai selera.
Buah anggur segar yang sudah dibelas menajdi 2 secukupnya sesuai selera.
Es batu secukupnya sesuai selera.
BAHAN KUAH SOP BUAH YOGHURT
Yoghurt rasa starwbery atau yang plain kurang lebih sebanyak 2 botol atau secukupnya sesuai selera.
Susu kental manis secukupnya sesuai selera. Bisa dihilangkan kalau tidak terlalu suka manis.
Madu kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.

CARA MEMBUAT SOP BUAH YOGHURT
Pertama letakkan dan tata buah yang sudah dipotong didalam mangkuk.
Siram yoghurt ke atas kumpulan buah tersebut.
Tuang madu dan susu kental manis kalau suka.
Beri beberapa potong es batu atau bisa juga menggunakan es serut.
Sajikan buat Keluarga.



SELAMAT MENCOBA…!!

0 komentar:

Post a Comment

Resep Populer

 
  • MaSeDap © 2017 | Designed by Masedap, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes