loading...
loading...

Pisang Molen Enak Dan Renyah


Pisang molen adalah suatu hidangan ringan berbahan baku pisang yang dilapisi lembar-lembar adonan dan kemudian digoreng. Hidangan ini merupakan variasi dalam pengolahan dari pisang goreng. Untuk bahan biasanya menggunakan tepung terigu protein tinggi, gram gula halus, baking powder, butir telur ayam, margarin, air es, minyak menggoreng dan pisang. Biasanya pisang molen banyak di jajahkan bersama gorengan bakwan, tahu dan tempe.

Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Nilai energi pisang dua kali lipat lebih tinggi daripada apel. Apel dengan berat sama (100 gram) hanya mengandung 54 kalori.

Kandungan energi pisang merupakan energi instan yang mudah tersedia dalam waktu singkat, sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Karbohidrat pisang merupakan karbohidrat kompleks tingkat sedang dan tersedia secara bertahap, sehingga dapat menyediakan energi dalam waktu tidak terlalu cepat. Karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi tubuh.

Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral pisang, khususnya besi, hampir seluruhnya (100 persen) dapat diserap tubuh. Berdasarkan berat kering, kadar besi pisang mencapai 2 miligram per 100 gram dan seng 0,8 mg. Bandingkan dengan apel yang hanya mengandung 0,2 mg besi dan 0,1 mg seng untuk berat 100 gram.

Kandungan vitaminnya sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering, sedangkan pada apel hanya 15 mg. Pisang juga mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin).

Kandungan vitamin B6 pisang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gram. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmiter dalam kelancaran fungsi otak.

Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Peran vitamin B6 ini jelas mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk aktivitas sehari-hari.


PISANG MOLEN ENAK DAN RENYAH


  • Sediakan wadah yang besar untuk membuat adonan bahan utamanya, masukan tepung terigu, pengembag kue, gula halus aduk bahan tersebut hingga tercampur rata dan halus. Agar adonannya lebih lembut hasilnya setelah adonan di aduk anda bisa di ayak adonan hingga selesai
  • Masukan telur ayam, margarin, campurkan semua bahannya dengan bahan yang baru di masukan. Campurkan hingga rata dan adonan tidak menggumpal.
  • Masukan air matang berwarna putih, uleni adonan dengan mengggunakan tangan sampai adonan kalis dan rata. Sediakan gilingan mie untuk membuat kulit pisang, atau anda juga bisa menggunakan botol
  • Anda masukan adonannya kedalam cetakan penggilingan, giling adonan hingga tipis seperti kulit pisang molen pda umunya. Lalu potong dengan ukuran 1 ½ cm
  • Sediakan potongan pisang yang sudah di siapkan, lalu pisang di bungkus dengan kulit molen hingga semua bagian tertutup rata, lakukan hingga adonannya habis.
  • Siapkan minyak yang panas lalu pisang molen siap di goreng hingga matang dan warna mulai berubah kecoklatan. jangan lupa untuk di bolak-balik agar matanganya rata. Angkat dan tiriskan

SELAMAT MENCOBA
Bagikan resep ini ke temen kamu, karena
"BERBAGI ITU INDAH"


0 komentar:

Post a Comment

Resep Populer

 
  • MaSeDap © 2017 | Designed by Masedap, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes