loading...
loading...

Cara membuat : Hong Kong Egg Tart / Pie Susu

Pie susu diperkenalkan pada 1940-an oleh Tengs cha Chaan di Hong Kong. Pie susu lalu diperkenalkan di cafe-cafe dan toko-toko roti Barat untuk bersaing dengan restoran dim sum, terutama yum cha. Selama ledakan ekonomi tahun 1950-an dan 1960-an, Lu Yu Teahouse memimpin dengan mini pie susu nya.

Sebuah teori menyatakan bahwa kue pie susu yang berasal dari Hong Kong sebenarnya mengadaptasi tart custard yang berasal dari Inggris. Canton yang memiliki kontak dengan Inggris disebut-sebut sebagai awal mula proses adaptasi ini. Apalagi sebagai bekas koloni Inggris, Hong Kong juga mengadopsi beberapa makanan Inggris, sehingga makin memperkuat teori pie susu yang berasal dari Inggris.

Sementara itu teori lain menyatakan bahwa pie susu sangat mirip dengan kue asal Portugis. Kue mirip pie susu asal Portugis itu memiliki nama pastel de nata. Teorinya, kue ini hinggap di Hong Kong via koloni Portugis yang berada di Makau.

Hong Kong Egg Tart / Pie Susu

Bahan-bahan:

300 gr tepung terigu protein sedang
150 gr mentega (aku pakai margarin serba guna blue band)
1 btr telur ukuran sedang, kocok lepas
1/4 sdt vanila, untuk campuran crust (aku pakai vanila bubuk)
240 ml air
120 gr gula pasir
3 btr telur ukuran sedang
100 ml susu evaporated (aku pakai full cream UHT plain)
1 sdt vanila, untuk campuran isi (aku pakai yang bubuk)

Cara membuat:

Buat kulitnya;
Ayak tepung dan gula halus lalu masukkan butter dan remas remas ditepung sampai menjadi butiran dan masukkan telur bersama vanila, uleni sampai jadi adonan tercampur rata.
Oles cetakan pie dengan minyak / margarin dengan tipis, sisihkan.
Bulatkan adonan pie. Simpan sebentar di dalam kulkas sekitar 30 menit, sebelumnya cover adonan dengan menggunakan plastic wrap. Saat adonan akan dicetak, keluarkan dari kulkas. Aku membagi adonan dengan cara menimbangnya tiap 30 gr lalu dibulatkan seperti kelereng. Lapisi bagian atas dan bawahnya dengan plastic wrap. Letakkan piring di atasnya, lalu tekan hingga adonan menjadi gepeng dan kira-kira lebarnya mencukupi untuk meng-cover seluruh cetakan.

Pindahkan adonan ke cetakan hingga seluruh cetakan ter-cover dengan adonan. Rapihkan bagian atasnya dengan pisau. Lalu tusuk bagian tengahnya dengan garpu.
Siapkan filling; Siapkan air dan masukkan gula pasir masak diatas api sampai gula larut lalu tunggu biar dingin.

Kocok lepas ke 3 telur bersama vanila lalu tuang ke air sambil disaring (biar tidak berbusa) lalu masukkan susu, aduk lalu saring kembali.

Tuangkan filling ke dalam adonan crust hingga hampir penuh.
Panaskan oven, panggang dengan suhu 180 derajat celsius atau  pakai 150 derajat celcius . Panggang di rak bagian tengah selama lebih kurang 20 menit / 50 menit atau hingga adonan isi sudah set dan matang , hindari bagian tengah yang menggembung, jika ini terjadi coba rendahkan suhu oven atau buka sebentar oven.


Egg Tart ini begitu keluar dari oven akan keliatan agak naik filling-nya. Tapi begitu ditunggu beberapa menit setelahnya akan kembali menyusut. Crust-nya renyah seperti cookies tapi empuk, gak keras dan gak mudah hancur atau rapuh . Simpan sebagian egg tart di dalam wadah tertutup lalu simpan ke dalam kulkas. Besoknya, dikeluarkan dulu hingga egg tart berada disuhu ruang. Ternyata crust-nya masih empuk sekali dan rasanya tetap enak

0 komentar:

Post a Comment

Resep Populer

 
  • MaSeDap © 2017 | Designed by Masedap, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes